Total Pageviews

Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese
English French German Spain Italian Dutch

Blog Archive

27 April 2011

Tips bekendara saat banjir, untuk menghindari terjadinya water hammer


Apa itu water hammer? apa yang menyebabkan water hammer dan apa resiko water hammer? bagaimana kita dapat menghindari terjadinya water hammer agar mobil dapat melaju dengan baik di genangan air? Berikut penjelasan dan tips sederhana yang dapat dipelajari untuk menghindari hal tersebut.


Water hammer atau hydrolocking adalah keadaan dimana mesin mobil mati mendadak disebabkan oleh air yang masuk kedalam ruang bakar melalui air intake dan mendapat tekanan yang sangat besar di ruang silinder oleh piston. Sehingga stang piston akan bengkok, ring piston akan rusak, dinding silinder akan terluka dan yang paling parah adalah head silinder akan melengkung.


Bagaimana kita dapat menghindari hal tersebut?


  • Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah dengan mengetahui posisi air intake dari tiap mobil yang anda kendarai. Posisi genangan air harus setidaknya 30 cm dibawah air intake agar pada saat melewati genangan air intake tetap aman tidak menyedot air.


  • Lalui genangan air dengan perlahan, dan injak gas secukupnya tidak usah menggunakan putaran mesin tinggi dengan alasan takut knalpot (exhaust) kemasukan air. Dengan menggunakan putaran tinggi maka mesin akan membutuhkan udara yang banyak dan akan mempermudah water hammer apabila air intake menyedot air. Selain itu menerjang genangan dengan tergesa-gesa akan menaikkan permukaan air sehingga melebihi ambang batas air intake. Tekanan gas buang anda sudah cukup untuk menahan air masuk kedalam knalpot.

  • Apabila anda salah memprediksi genangan air dan akhirnya mobil mogok, maka diamkan saja disitu dan keluarlah lewat jendela jika pintu anda susah dibuka karena tekanan diluar yang tinggi. Tapi apabila ombak sangat kencang dan mobil melayang-layang, maka bukalah pintu dengan paksa sehingga air akan masuk dan mobil akan lebih berat. Jangan mencoba untuk menstat mesin di dalam genangan karena hal tersebut adalah suatu usaha sia-sia dan malah mengakibatkan mobil korslet. Doronglah mobil ke tempat aman dan panggillah mobil derek. Jangan hidupkan mobil karena mungkin semua oli sudah tercampur dengan air.

  • Prediksi dalamnya genangan dengan melihat: apakah trotoar di pinggir jalan masih tampak, apakah dengkul seorang anak yang sedang bermain dalam genangan masih tampak, apakah setengah dari velg mobil yang sedang melintas masih tampak. Semua hal tersebut dapat dijadikan perhitungan untuk anda melanjutkan mobil atau tidak.


  • Putar mobil anda jika anda ragu. Tenang saja, tidak ada yang bilang anda pengecut, dan anda tidak akan tersohor karena sanggup melalui genangan yang tinggi.
  • Sumber


    0 comments:

    Post a Comment

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
    Bagi teman-teman yang ingin memasang link webnya di blog ini silahkan isi form berikut

     
    Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms